Jumat, 23 September 2011

PENGARUH PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN SUSHI-YA

Tema  : Pemasaran
Pengarang  : Dyan Ratna Sari
Tahun  : 2011






BAB I


1.1. Latar Belakang Masalah




Era globalisasi dan perdagangan dunia telah menyebabkan semakin banyaknya persaingan bagi  perdagangan dunia usaha dalam upaya menembus pasaran yang semakin luas. Persaingan yang ketat dalam perdagangan tidak saja menerpa dalam satu jenis perusahaan saja, namun juga berlaku pada semua jenis perusahaan untuk meraih posisi yang lebih baik maka setiap perusahaan harus memperhatikan setiap kepuasaan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang panjang bagi perusahaan tersebut. Kemampuan meningkatkan kepuasaan secara terus-menerus merupakan syarat mutlak bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan.
Restoran Sushi-Ya adalah salah satu contoh usaha dalam bidang kuliner yang menawarkan dan menjual produk-produk makanan ala Jepang yang saat ini sedang ‘Tren’ di kalangan kaum muda. Melihat banyaknya persaingan dagang terhadap restoran ala Jepang ini, maka Restoran Sushi-Ya perlu melakukan perbaikan dan menyusun permodelan dari variabel-variabel mana saja yang signifikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap perusahaan yang memfokuskan pada bagian pemasaran melalui faktor-faktor bauran pemasaran yang dilihat dari sudut pandang konsumen. Untuk itu dilihat dari model pengukuran secara simultan yang dimulai dari bauran pemasaran, perilaku konsumen, dan keputusan pembelian, sehingga usaha-usaha tersebut nantinya dapat semakin berkembang karena konsumen akan semakin puas dan loyal terhadap restoran Sushi-Ya.
Dengan demikian dari uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian karena menurut Kotler bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi. Namun restoran Sushi-Ya perlu adanya pengembangan terhadap beberapa variabel yaitu lokasi, keragaman produk yang dijual, dan pelayanan. 


1.2. Masalah :

Berdasarkan latar belakang kondisi restoran Sushi-Ya, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:
“Bagaimana pengaruh bauran pemasaran produk (produk, harga, distribusi, promosi, lokasi, keragaman produk yang dijual, dan pelayanan) terhadap kepuasan konsumen terhadap restoran Sushi-Ya?”


1.3. Tujuan Penelitian :

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar