Minggu, 02 Oktober 2011

PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KUALITAS FUNGSIONAL, DAN AKTIVITAS PEMASARAN, TRADISIONAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA

Jurnal III

Tema    : Pemasaran
Pengarang : Kartawan, Toto Sugiharto S,  Sumarna
Tahun    : 2003



Latar Belakang Masalah :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya di hadapan pelanggannya, dan pengaruh dari variabel kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan. Penelitian dilakukan dengan metode survei, data dianalisis dengan analisis regresi dan korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa citra PT. Telkom sudah baik. Citra tersebut dipengaruhi oleh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional. Namun secara parsial kualitas fungsional pengaruhnya tidak nyata.
Dalam upaya meningkatkan citra perusahaan, perlu dilakukan peringatan terutama dalam dimensi kecepatan dan ketepatan, komunikasi petugas dan kemudahan untuk dihubungi. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi citra perusahaan.

Masalah Penelitian

1. Citra PT. Telkom KantorDaerah Telekomunikasi Kandatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui
2. Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kantor Daerah telekomunikasi Tasikmalaya belum secara jelas diketahui

Tujuan Penelitian

1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya
2. Mengukur pengaruh dari kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.

Metodologi Penelitian

Populasi dalam penelitian adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Ukuran contoh ditentukan dengan menggunakan rumus :
Dengan menggunakan rumus tersebut maka sampel yang dibutuhkan dalam penelitian adalah 100.

Analisis Data :

Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hal ini untuk mengetahui pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran terhadap citra perusahaan, data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis regresi dan korelasi.

Hasil dan Pembahasan :
Citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya

Berdasarkan jawaban responden,diketahui bahwa terdapat seorang responden menyatakan citra perusahaan sangat baik, 49 responden menyatakan baik, 47 responden menyatakan cukup baik, 3 responden menyatakan buruk, dan tidak ada yang mengatakan sangat buruk. Rata-rata skor citra tersebut sebesar 3,52. Kondisi ini menunjukkan bahwa citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya secara keseluruhan sudah baik. 

Hubungan Antara Dimensi dalam Variabel Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional dan Citra  Perusahaan

Dari tabel tersebut diketahui bahwa semua dimensi pada variabel npenting dalam pembentukan citra perusahan dengan koefisien korelasi antara +0,028 hingga +0,831. Dari ketiga variabel bebas ditemukan bahwa kualitas teknik berhubungan erat dengan citra perusahaan dengan koefisien korelasi tertinggi yaitu sebesar 0,691. Semua dimensi pada variabel kualitas teknik, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional, dimensi penampilan fisik pegawai mempunyai nilai tertinggi sebesar 0,831. Hal itu berarti penampilan fisik pegawai mempunyai hubungan positif dengan citra perusahaan. Sedangkan dimensi terkecil (0,028) adalah dimensi kemudahan pegawai untuk dihubungi yang terdapat pada variabel fungsional.Nilai korelasi tersebut kurang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya citra perusahaan.

Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional dan Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan

Variabel aktivitas pemasaran tradisional berpengaruh terhadap citra perusahaan. Hal ini diindikasikan oleh nilai statistik uji yang besar (F=208,849). Besarnya pengaruh ditujukan oleh koefisien determinasi (R²) yaitu 0,479 artinya variasi dari citra dapat dijelaskan oleh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional sebesar 47,9%.
Kualitas teknik memberikan pengaruh paling besar dalam membentuk citra perusahaan dengan regresi sebesar (0,063) dan hanya nyata pada tingkat signifikansi terendah.Hal ini dikarenakan kegiatan iklan dan kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan PT. Telkom sudah dianggap baik oleh konsumen.
Variabel kualitas fungsional pengaruhnya tidak nyata karena beberapa dimensi masih kurang baik terutama dalam hal kecepatan dan ketepatan, komunikasi petugas dan kemudahan untuk dihubungi, Untuk itu, dalam rangka membangun / meningkatkan citra baik perusahaan perlu dilakukan upaya peningkatan ketiga dimensi tersebut.


Kesimpulan
1. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra yang baik terhadap pelanggannya.
2. Dimensi yang terdapat pada variabel teknik, kualitas fungsional dan aktivas pemasaran tradisional berkorelasi positif dengan citra perusahaan
3. Variabel kualitas teknik, kualitas fungsional dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata dalam citra perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar