Minggu, 07 November 2010

Asal Usul Taksi


Konsep “taksi” itu udah ada sebelum mobil diciptakan. Praktek menyewakan kendaraan untuk umum udah ada dari tahun 1640 di Paris. Saat itu, Nicolas Sauvagenawarin kereta kuda dan driver untuk disewakan ke orang-orang. Tahun 1635, ada Hackney Carriage Lawyaitu Undang-undang pertama yang mengatur tentang penyewaan kereta kuda di Inggris. Nah, argometer yang dipakai untuk mengukur jarak dan waktu perjalanan supaya tarifnya akurat itu diciptakan oleh Wilhelm Bruhn pada tahun 1891. Harry Allen (pemilik perusahaan taksi Allen) adalah orang pertama yang punya taksi dengan warna kuning. Sejak saat itu taksi identik dengan warna kuning.




Gottlieb Daimler adalah perusahaan jasa taksi pertama di dunia yang di bentuk pada tahun 1897 taksi khusus yang disebut Daimler Victoria. Taksi datang dilengkapi dengan taksi yang baru diciptakan meter. Di 16 Juni, 1897 taksi Daimler Victoria dikirim ke Friedrich Greiner, seorang Stuttgart pengusaha yang memulai bermotor pertama di dunia perusahaan taksi.

Pertama Taksi Kecelakaan
Pada 13 September 1899, Amerika pertama meninggal dalam kecelakaan mobil. Mobil itu adalah Taksi, ada sekitar seratus taksi beroperasi di jalan-jalan New York tahun itu. Enam puluh delapan tahun Henry Malcolm sedang membantu seorang teman dari jalan mobil ketika seorang sopir taksi kehilangan kendali dan memukul fatal Bliss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar