Rabu, 03 November 2010

Koin Terbesar di Dunia


Koin super besar ini tercatat dalam Guinness Book of World Recordssebagai koin terbesar di dunia, yang memiliki ukuran diameter 53 sentimeter, berat 100 kilogramdan tebal 3 cm. Tahun 2007 lalu, percetakan uang logam, Royal Canadian Mint meluncurkan 5 koin yang masing-masing nilainya sebesar 1 juta dolar Canada (setara dengan 800 ribu euro atau USD970 ribu dolar).  Kemurnian koin ini mencapai nilai maksimal pasaran, yaitu 99,999 persen. Nyaris sempurna kan? Koin ini dikenal juga dengan nama "The Maple Leaf", karena bergambar Ratu Elizabeth II pada satu sisi dan bergambar tiga daun ‘maple’ pada sisi lainnya. Nah, pada 25 Juni lalu diadakan pelelangan The Maple Leaf di rumah lelang Dorotheum, Wina. Kabarnya, pemilik koin ini yang sebelumnya ditahan karena penipuan dan sekarang udah  bangkrut. Akhirnya koin ini dibeli oleh perusahaan penjualan material berharga dari Spanyol seharga £2.68 juta.Sebelumnya koin ini sempat dipinjamkan ke Museum Kunsthistorisches di Vienna dan dipamerkan bersama koleksi koin lainnya.
Sebuah perusahaan tambang emas kenamaan di Spanyol, ORO, membeli koin terbesar di dunia dengan harga 3,27 juta euro atau sekitar Rp 44,6 miliar dalam sebuah lelang di Vienna, Austria. Koin ini memiliki berat 100 kilogram.

Koin bernilai 1 juta dollar Kanada ini adalah salah satu dari lima koin daun maple yang diproduksi percetakan uang logam, Royal Canadian Mint. Koin ini masuk pasar lelang, melalui AvW Invest, setelah pemiliknya ditahan karena penipuan serta bangkrut.

AvW yang memperoleh koin ini pada 2007 ini, bergabung dalam klub eksklusif pemilik koin ini di mana salah satu anggotanya adalah Ratu Elizabeth yang juga tergambar di satu sisi koin. Selain mereka, ada anggota lain klub ini yakni dua pengusaha di Dubai dan seorang lagi misterius, tidak diketahui nama, tempat tinggal, bahkan jenis kelamin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar