Sabtu, 06 November 2010

The Big Ben


Pada awalnya Big Ben dinamakan Great Bell atau Bel Akbar. Nama Big Ben selalu dipakai melingkup menara, jam dan loncengnya. Sejarah dimulainya Big Ben beroperasi, di tahun 1859. Waktu itu tiga elemen di menara jam “gadang” itu selesai digarap oleh perancangnya. Jam besar mulai dijalankan pada 31 Mei dan Great Bell atau bel akbar kali pertama dibunyikan pada 11 Juli.
Big Ben adalah jam yang paling terkenal di negara-negara berbahasa Inggris; dan menara tinggi dengan gaya arsitektur Gothik tempat jam itu dipasang, telah menjadi lambang kota London yang terkenal di seluruh dunia.
Menara Big Ben dibangun sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry, setelah Istana Westminster yang lama telah hancur akibat kebakaran pada malam 22 Oktober 1834.
Menara itu tingginya 96,3 meter (316 kaki) dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. 61 meter (200 kaki). Di bawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu, sedangkan puncak menara ditopang dengan rangka besi yang dibuat dari besi leleh.


Menara itu dibangun di atas tanah berukuran 15 meter kali 15 meter, fondasi terbuat dari beton setebal tiga meter (9 kaki), pada kedalaman empat meter (13 kaki) di bawah permukaan. Semua sisi jam tingginya 55 meter (180 kaki) dari atas tanah.
Karena berubahnya kondisi tanah sejak pembangunannya, Menara Big Ben sedikit miring ke barat laut kurang lebih 220 milimeter (8.66 inci), Menara ini miring setiap tahun sebanyak beberapa milimeter ke arah timur dan barat dikarenakan efek thermal.
Sebaliknya soal jam Big Ben, jam ini sangat besar sehingga menara tersebut pernah dijadikan sebagai menara jam berwajah empat terbesar. Namun rekor ini akhirnya dipegang oleh Menara jam Allen-Bradley di Milwaukee, Wisconsin.
Meskipun demikian, sang arsitek lalu memasang bel pada jam tersebut, sehingga Big Ben memegang rekor sebagai menara jam empat sisi terbesar dengan lonceng. Salah satu sisi jam Big Ben, memiliki garis pendek (jam) sepanjang 2,7 meter (9 kaki) dan garis panjang (menit) memiliki panjang 4,3 meter (14 kaki).
Jam dan lonceng Big Ben didesain oleh Augustus Pugin. Jam ini diletakan pada sebuah kerangka besi berukuran tujuh meter (23 kaki), ditopang dengan 312 kepingan kaca opal, sehingga mirip seperti jendela berwarna.
Beberapa keping gelas kemungkinan dibuang untuk pemeriksaan. Loncengnya dilapisi seluruhnya dengan emas. Di bagian bawah jam, di setiap sisi jam, terdapat tulisan Domine Salvam Fac Reginam Nostram Victoriam Primam, yang dalam bahasa Indonesia berarti Oh Tuhan, lindungi Ratu Victoria yang Pertama.
Lonceng raksasa jam Big Ben itu berbobot hampir 14 ton. Pada lantai di bagian bawah terdapat mekanisme jam abad ke-19 yang tidak kalah mengagumkan.


Fakta Big Ben:

1. Big Ben dibuat pada tanggal 10 April 1858 dan sekarang berusia 152 tahun.
2. Yang memberi nama "Big Ben" adalah Londoners atau warga London. Pada awalnya ingin diberi nama Victoria diambil dari nama Ratu Victoria akan tetapi Londoners memanggilnya "Big Ben" hingga saat ini.
3. Big Ben dibuat di Whitechapel Bell Foundry, London Timur.
4. Dibutuhkan waktu 2 minggu untuk pendinginan.
5. Saat siap, lonceng diangkut menggunakan kereta kuda menuju Westminster Palace.
6. Dalam perjalanan menuju Westminster, Londoners membuat barisan sepanjang rute dan berteriak ketika lonceng lewat.
7. Lonceng memiliki berat 13.5 ton.
8. Tingginya 2.28 meter dan lebarnya 2.75 meter.
9. Apabila kamu berdiri di menara tempat lonceng digantungkan, kamu dapat merasakan getaran dari kepala sampai jari kaki.
10. Suara lonceng dapat terdengar sampai kedalam Houses of Parliament walaupun terdengar lebih keras jika didengarkan dari luar.
11. Big Ben terbuat dari timah dan tembaga dan potongan Big Ben lama yang hancur setelah retak.
12. Melodi suara lonceng berbunyi bernama "Westminster Chimes".
13. Nama resmi jam pada Big Ben adalah "Great Westminster Clock".
14. Desainer jam bernama Edmund Beckett Denison.
15. Jam pada Big Ben bekerja dengan bantuan gravitasi. Selama masih ada gravitasi, Big Ben akan terus bekerja.
16. Big Ben dibersihkan 5 tahun sekali.
17. Desainer menara jam bernama Charles Barry dan Augustus Welby Pugin.
18. Dibutuhkan waktu setengah jam untuk memanjat Big Ben.
19. Dibutuhkan waktu 34 tahun untuk membangun Big Ben.
20. Big Ben tidak pernah terkena bom pada perang dunia kedua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar