Rabu, 03 November 2010

Spiral Island

Pionir pecinta lingkungan hidup, Richard Sowa berhasil membangun sebuah pulau terapung yang terbuat dari 100.000 botol plastik bekas dengan panjang 20 m dan lebar16 m.pulau yang diberi nama Spiral Island II ini merupakan karya kedua Richard. Sebelumnya, ia pernah membangun pulau terapung di tahun 1998 dekat Puerto Aventuras dengan menggunakan 250.000 botol plastik bekas. Namun sayang, pulau ciptaannya hancur akibat Badai Emily di tahun 2005.


Dibantu oleh beberapa rekannya, terkumpulah 100.000 botol plastik bekas yang dijadikan sebagai pondasi Spiral Island II dengan dua rumah induk, sebuah Oven bertenaga matahari, toilet ramah lingkungan, dan 3 buah pantai. Kali ini Richard memilih lokasi dekat sebuah Laguna di Puerto Aventuras, di kawasan pantai Karibia, Cancun, Meksiko Selatan.


Richard membuat pulau apung itu dengan cara mengisi jaring-jaring kosong dengan botol-botol plastik yang menyangga struktur pulau yang terbuat dari plywood dan bambu. Di atas struktur bangunan itu kemudian diberi pasir dan tanah serta ditanami berbagai macam tumbuh-tumbuhan termasuk pohon bakau.


Spiral Island merupakan pulau apung buatan yang terletak di sebuah Laguna dekat Puerto Aventuras, di kawasan pantai Karibia, CancĂșn, Meksiko Selatan. Dibangun oleh seorang berkewarganegaraan Inggris, Richart (or "Rishi") Sowa, seorang pionir "eco-friendly environment" yang memulainya sejak tahun 1998. Richart membuat pulau apung itu dengan cara mengisi jaring-jaring kosong dengan botol-botol plastik yang menyangga struktur pulau yang terbuat dari plywood dan bambu. Diatas struktur bangunan itu kemudian diberi pasir dan tanah serta ditanami berbagai macam tumbuh-tumbuhan termasuk pohon bakau.



Pulau Apung ini memiliki dua rumah induk, sebuah Oven bertenaga matahari, toilet ramah lingkungan, dan 3 buah pantai. Dia telah menggunakan 250,000 botol plastik untuk membuat struktur pulau apung dengan panjang 20 m dan lebar16 m. Pohon Bakau ditanam untuk menjaga kelembaban pulau dan membuatnya sejuk dan beberapa pohon bakau dapat tumbuh hingga lebih dari 5 m tingginya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar